I. Pengorganisasian Pembelajaran TK PERTIWI XI
Struktur Kurikulum
Intrakurikuler
| Pembelajaran | Alokasi Waktu |
| Semester 1
Topik : ● Panca Indera ● Karnafal Peringatan HUT RI (Pendekatan projek) ● Makanan dan minuman sehat bergizi ● Outing class ● Parenting |
Semester I : 17 minggu |
| Semester 2
Topik : ● Airku bersih ● Parenting hut Merauke (pendekatan projek) ● April Ceria/fashion show ● Beduk Masjid ● Pentas seni/wisuda (pendekatan projek) |
Semester II : 17 minggu |
Catatan:
- Topik pembelajaran masih dapat disesuaikan dengan minat anak yang muncul dan mempertimbangkan hasil evaluasi pembelajaran
- Tujuan Pembelajaran masih dapat disesuaikan dengan minat anak yang muncul dan mempertimbangkan hasil evaluasi pembelajaran
- Durasi pelaksanaan setiap topik pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan
Ekstrakurikuler
| Program | Alokasi Waktu |
| Seni budaya khas Papua
– TIFA/BAJU – Tarian Papua |
Semester I – II |
| Olah raga bersama : SENAM
|
Semester I – II |
Catatan : Program ekstrakurikuler menyesuaikan minat dan kebutuhan anak
II. Rencana Pembelajaran
- Tujuan Pembelajaran dari Elemen Capaian Pembelajaran
- Tujuan Pembelajaran CP Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti
Karakteristik peserta didik dan budaya setempat terkait CP Nilai Agama dan Budi Pekerti :
Sebagian besar peserta didik berasal dari keluarga pedagang, buruh , nelayan, ASN dan keluarga yang mata pencahariannya bergantung dari hasil pertanian, nelayan, pedagang, buruh dan juga dari keluarga pekerja kantor. Terdapat beberapa Masjid ,Gereja di sekitar TK Pertiwi xi, sementara untuk wihara dan Pura berada sekitar 50 – 100 Km dari TK Pertiwi xi. Masyarakat sekitar terbiasa melakukan toleransi dan bersilaturahmi satu sama lain saat hari raya Islam seperti Idul Fitri , Idul Adha, Natal, paskah dan lain sebagainya.
| No | Elemen Capaian pembelajaran | Tujuan Pembelajaran |
| 1. | Anak mengenali dan mempraktikkan nilai dan kewajiban ajaran agamanya. Anak mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dalam interaksi dengan sesama dan alam (tumbuhan, hewan, lingkungan hidup). Anak mengenal keberagaman dan menunjukkan sikap menghargai agama dan kepercayaan orang lain | Mengenali nilai agama Islam, katolik, kristen. |
| Mengenali kewajiban dalam agama. | ||
| Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong. | ||
| Mempraktekkan sikap menjaga dan merawat lingkungan sekitar. | ||
| Mengenali perbedaan kepercayaan agama lain dan menghargai perbedaan. |
- Tujuan Pembelajaran CP Elemen Jati Diri
Karakteristik peserta didik dan budaya setempat terkait CP Elemen Jati Diri:
Daerah lokasi TK Pertiwi XI dikelilingi sekolah dasar, kantor-kantor,pasar dan perumahan dinas pemda Kabupaten Merauke. Lokasi desa/kelurahan maro yang berada di jalur menuju lokasi perkotaan dan jalan raya sehingga menyebabkan di dalam pembelajaran agak terganggu oleh jalanya lalu lintas dan ekstra hati-hati, lembaga membuat dan mengantisipasi keamanan dengan cara membuat pagar yang tinggi.
| No | Elemen Capaian pembelajaran | Tujuan Pembelajaran |
|
2. |
Anak memiliki sikap positif dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan (nutrisi dan olahraga), dan keselamatan diri. Anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. Anak menunjukkan perasaan bangga terhadap identitas keluarganya, latar belakang budayanya, dan jati dirinya sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila. |
Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik |
| Menjaga keselamatan diri dari potensi bahaya di sekitarnya | ||
| Mengenal dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dan bergizi | ||
| Mengekspresikan emosi diri dengan tepat | ||
| Bersikap santun dalam berinteraksi dengan orang lain | ||
| Mengenali lingkungan dan aktivitas yang orang desa lakukan | ||
| Mengenali budaya Marind dan bangga menjadi orang papua |
- Tujuan Pembelajaran CP Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM
Karakteristik peserta didik dan budaya setempat terkait CP Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM:
Sebagian anak TK Pertiwi pernah bersekolah di Kelompok Bermain dan Pos PAUD, sebagian lagi belajar mengaji di TPA serta sebagian lagi belum pernah sekolah. TK Merauke terletak di pinggiran Kota Merauke berbatasan dengan Kabupaten Merauke. Berada di dataran tinggi dan dikelilingi dengan pegunungan. Kebun dan sungai dapat ditemui di sekitar lokasi TK Merauke. Anak – anak sering berkumpul di salah satu halaman rumah temannya saat siang sampai sore hari untuk bermain bersama, sementara Orangtua pergi ke kebun untuk bertani. Anak – anak bermain menggunakan bahan alam yang ada di sekitarnya seperti bermain masak – masakan, congklak, ucing sumput (petak umpet), atau bermain anjang-anjangan (bermain peran). Saat libur panjang atau panen raya, anak -anak sering ikut ke kebun atau sawah untuk membantu Orangtua.
| No | Elemen Capaian pembelajaran | Tujuan Pembelajaran |
| 3. | Anak menunjukkan kemampuan mengenali dan | Mengenali dan memahami berbagai informasi yang ada di sekitarnya |
| memahami berbagai informasi seperti gambar, tanda, simbol, dan cerita. Anak mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. Anak menunjukkan minat dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen.Anak mengenal, mengembangkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam pemeliharaan alam, lingkungan fisik, dan sosial.Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merancang teknologi secara aman dan bertanggung jawab. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.Anak dapat mengenali dan melihat hubungan antar pola, simbol dan data serta dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni. | Mengomunikasikan pikiran dan perasaan yang ingin disampaikan dengan tepat. | |
| Menunjukkan ketertarikan pada kegiatan membaca buku atau mendengarkan cerita | ||
| Melakukan observasi, eksplorasi, dan eksperimen menggunakan bahan di sekitarnya | ||
| Peduli dan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan lingkungan sekitar | ||
| Mengenal teknologi pertanian dan cara menggunakannya | ||
| Menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis dan kreatif | ||
| Memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari | ||
| Melakukan operasi matematika sederhana dengan menggunakan objek dilingkungannya | ||
| Mampu mengelompokan objek di lingkungan sekitarnya berdasarkan karakteristiknya | ||
| Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material yang ada di sekitarnya | ||
| Mengenal dan menghargai seni budaya khas daerahnya |
b. Program Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Intrakurikuler
| Pembelajaran | Tujuan Pembelajaran yang difokuskan | Alokasi Waktu |
| Topik : Panca | – Mengenali nilai agama Islam, kristen, katolik | |
| Indra | – Berpartisipasi aktif dalam berbagai | |
| kegiatan fisik | ||
| – Mengenali dan memahami berbagai | ||
| informasi yang ada di sekitarnya | ||
| – Bersikap santun dalam berinteraksi | ||
| dengan orang lain | Semester I : | |
| – Melakukan observasi, eksplorasi, dan | 17 minggu | |
| eksperimen menggunakan bahan di sekitarnya | ||
| – Mampu mengelompokan objek di | ||
| lingkungan sekitarnya berdasarkan | ||
| karakteristiknya | ||
| Topik : Memperingati | – Mengenal dan menghargai seni budaya | |
| HUT RI (Pendekatan | khas daerahnya | |
| Projek) | – Menunjukkan sikap saling membantu | |
| dan bergotong royong | ||
| – Mengenali perbedaan kepercayaan | ||
| agama lain dan menghargai perbedaan | ||
| – Bersikap santun dalam berinteraksi | ||
| dengan orang lain | ||
| – Mengenali lingkungan dan aktivitas | ||
| yang orang desa lakukan | ||
| – Melakukan operasi matematika | ||
| sederhana dengan menggunakan objek | ||
| dilingkungannya | ||
| Topik : Makanan | – Mengenal dan mengkonsumsi | |
| dan minuman | makanan dan minuman sehat dan bergizi | |
| tradisional sehat | – Mengenali kewajiban dalam agama | |
| bergizi | Islam | |
| – Mengenali dan memahami berbagai | ||
| informasi yang ada di sekitarnya | ||
| – Mengenal teknologi pertanian dan cara | ||
| menggunakannya | ||
| – Memecahkan masalah di dalam | ||
| kehidupan sehari-hari | ||
| – Mampu mengelompokan objek di | ||
| lingkungan sekitarnya berdasarkan | ||
| karakteristiknya | ||
| Topik : minuman bergizi,susu | – Mempraktekkan sikap menjaga dan | |
| merawat lingkungan sekitar. |
| – Mengenali lingkungan dan aktivitas yang orang desa lakukan
– Mengkomunikasikan pikiran dan perasaan yang ingin disampaikan dengan tepat. – Peduli dan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan lingkungan sekitar – Mengenali budaya Sunda dan bangga menjadi orang Sunda – Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material yang ada di sekitarnya |
||
| Topik : Pasar Tradisional | – Menjaga keselamatan diri dari potensi bahaya di sekitarnya
– Bersikap santun dalam berinteraksi dengan orang lain – Mengenali lingkungan dan aktivitas yang orang desa lakukan – Mengenali dan memahami berbagai informasi yang ada di sekitarnya – Memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari – Mampu mengelompokan objek di lingkungan sekitarnya berdasarkan karakteristiknya – Melakukan operasi matematika sederhana dengan menggunakan objek di lingkungannya |
|
| Topik : airku bersih | – Mempraktekkan sikap menjaga dan merawat lingkungan sekitar.
– Menjaga keselamatan diri dari potensi bahaya di sekitarnya – Peduli dan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan lingkungan sekitar. – Menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis dan kreatif |
Semester II : 17 minggu |
| Topik : Tanamanku | – Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik
– Mengekspresikan emosi diri dengan tepat – Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong – Mempraktekkan sikap menjaga dan merawat lingkungan sekitar. – Menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis dan kreatif |
| – Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material yang ada di sekitarnya
– Mengenal teknologi pertanian dan cara menggunakannya – Melakukan operasi matematika sederhana dengan menggunakan objek dilingkungannya |
||
| Topik : indahnya kebersamaan | – Mengenali nilai agama Islam,katolik,kristen
– Mengenali kewajiban dalam agama Islam – Menunjukkan ketertarikan pada kegiatan membaca buku atau mendengarkan cerita – Mengenal dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dan bergizi – Mengenali budaya Sunda dan bangga menjadi orang Sunda |
|
| Topik : ceria bersama, | – Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik
– Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong – Melakukan observasi, eksplorasi, dan eksperimen menggunakan bahan di sekitarnya – Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material yang ada di sekitarnya |
|
| Topik : Pentas /wisuda (pendekatan projek) | – Mengenal dan menghargai seni budaya khas daerahnya
– Bersikap santun dalam berinteraksi dengan orang lain – Mengenali budaya Merauke ( Papua) dan bangga menjadi orang papua – Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong – Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material alam di sekitarnya – Menunjukkan ketertarikan pada kegiatan membaca buku atau mendengarkan cerita – Melakukan observasi, eksplorasi, dan eksperimen menggunakan bahan di sekitarnya |
Catatan :
- Topik pembelajaran masih dapat disesuaikan dengan minat anak yang muncul dan mempertimbangkan hasil evaluasi pembelajaran (Jika ada)
- Tujuan Pembelajaran masih dapat disesuaikan dengan minat anak yang muncul dan mempertimbangkan hasil evaluasi pembelajaran (Jika ada)
- Durasi pelaksanaan setiap topik pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan
Ekstrakurikuler
| Program | Tujuan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
| Seni budaya khas papua
– Baju, tifa dll – Tarian papua |
– Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik
– Mengekspresikan emosi diri dengan tepat – Mengenali budaya papua dan bangga menjadi orang papua – Mengenal dan menghargai seni budaya khas daerahnya |
Semester I – II |
| Olah raga ,senam ceria | – Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik
– Mengekspresikan emosi diri dengan tepat – Mengenali budaya papua dan bangga menjadi orang papua – Menjaga keselamatan diri dari potensi bahaya di sekitarnya – Mengenal dan menghargai seni budaya khas daerahnya |
Semester I – II |
Catatan :
- Program ekstrakurikuler menyesuaikan minat dan kebutuhan
- Tujuan pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler tidak dijabarkan menjadi tujuan
c. Tujuan Kegiatan
Tujuan Pembelajaran dalam pembelajaran perlu dijabarkan ke dalam Tujuan Kegiatan yang disesuaikan dengan topik pembelajaran dan kebutuhan anak.
Contoh pembuatan Tujuan Kegiatan TK B (Usia 5 – 6 tahun)
| Topik Pembelajaran | Tujuan Pembelajaran | Tujuan Kegiatan |
| Panca Indera
Anak melakukan observasi, eksplorasi dan eksperimen dalam mengenal anggota tubuh dan fungsinya (panca indera) ciptaan Allah. |
– Mengenali nilai agama
– Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik – Mengenali dan memahami berbagai informasi yang ada di sekitarnya – Bersikap santun dalam berinteraksi dengan orang lain – Melakukan observasi, eksplorasi, dan eksperimen menggunakan bahan di sekitarnya – Mampu mengelompokan objek di lingkungan sekitarnya berdasarkan karakteristiknya |
– Mensyukuri nikmat yang didapatkan
– Mengamati lingkungan alam di sekitar sekolah – Mengenal bentang alam disekitarnya – Menyampaikan secara lisan hasil pengamatan yang dilakukan. – Bermain dengan bahan alam disekitar. |
| Syukuran Peringatan HUT RI (Pendekatan Projek)
Anak merancang, menyiapkan serta melakukan kegiatan- kegiatan dalam projek Syukuran Peringatan HUT RI, seperti :
– gotong royong membersihkan sekolah dan lingkungan sekitar. – bakti sosial ke warga lansia. – reriungan anak, orang tua, warga sekitar untuk berdoa bersama dan makan bersama. |
– Mengenal dan menghargai seni budaya khas daerahnya
– Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong – Mengenali perbedaan kepercayaan agama lain dan menghargai perbedaan – Bersikap santun dalam berinteraksi dengan orang lain – Mengenali lingkungan dan aktivitas yang orang desa lakukan – Melakukan operasi matematika sederhana dengan menggunakan objek di lingkungannya |
– Membersihkan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
– Mengenali perbedaan cara berdoa orang lain. – Menjelaskan hasil pengamatan saat syukuran – Membantu aktivitas panen bahan pangan. – Mencoba memainkan alat musik angklung – Melakukan penjumlahan dan pengurangan menggunakan |
| Festival /hut merauke
Parenting mengadakan lomba makanan Tradisional. |
– Mempraktekkan sikap menjaga dan merawat lingkungan sekitar.
– Mengenali lingkungan dan aktivitas yang orang desa lakukan |
– Melakukan perawatan terhadap tanaman yang ada di lingkungan sekolah
– Mengenal hasil pertanian yang ada di lingkungan sekitarnya |
| – Mengkomunikasikan pikiran dan perasaan yang ingin disampaikan dengan tepat.
– Peduli dan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan lingkungan sekitar – Mengenali budaya Sunda dan bangga menjadi orang Sunda |
– Mengenal aktivitas pertanian yang diamati
– Mengenal cara menanam dan merawat tanaman – Menjelaskan kegiatan bertani yang mereka amati dan lakukan |
|
| Saluran Air (pendekatan projek).
Anak melakukan pengamatan terhadap pengairan sawah di sekitar dan membuat teknologi pengairan sawah secara sederhana. |
– Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan fisik
– Mengekspresikan emosi diri dengan tepat – Menunjukkan sikap saling membantu dan bergotong royong – Mempraktekkan sikap menjaga dan merawat lingkungan sekitar. – Menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis dan kreatif – Mengekspresikan imajinasinya menjadi karya menggunakan material alam di sekitarnya – Melakukan operasi matematika sederhana dengan menggunakan objek di lingkungannya |
– Mengamati sistem perairan pertanian di dekat lingkungan sekolah.
– Membuat sistem perairan memanfaatkan material disekitarnya. – Membersihkan saluran air bersama – sama. – Mengetahui manfaat dari saluran air. – Mengetahui cara merawat saluran air. – Memahami cara kerja saluran air. – Melakukan pengukuran bahan yang dibutuhkan untuk membuat saluran air |
Pembelajaran dilakukan dengan bermain menggunakan pendekatan:
1. Sentra
Ragam main dibagi menjadi minimal 4 sentra. Jumlah ragam main dapat ditambahkan sesuai kebutuhan dan minat anak. Dalam pembelajaran, anak dapat memilih kegiatan main sesuai minatnya.
2. Projek
Projek yang dilakukan sesuai dengan topik dengan melibatkan anak dan orang tua.
Observasi terhadap anak yang melakukan kegiatan dilakukan pada setiap proses pembelajaran. Hasil observasi ditindaklanjuti dengan melakukan asesmen terhadap capaian anak.
d. Pengaturan Waktu Belajar Intrakurikuler
| Kelas | Mingguan | Semester | Tahun |
| TK A
(usia 4 – 5 tahun) |
1.050 menit
(dilaksanakan |
17 minggu x 1050
menit = 17.850 |
2 semester x
17.850 menit = |
| dalam 5 hari efektif ; Senin – Jumat) | menit | 35.700 menit | |
| TK B
(usia 5 – 6 tahun) |
1.050 menit (dilaksanakan dalam 5 hari efektif : Senin – Jumat) | 17 minggu x 1050
menit = 17.850 menit |
2 semester x
17.850 menit = 35.700 menit |
Ekstrakurikuler
| Kelas | Mingguan | Semester | Tahun |
| TK A
(usia 4 – 5 tahun) |
60 menit (dilaksanakan setiap hari Sabtu) | 17 minggu x 60
menit = 1.020 menit |
2 semester x
1.020 menit = 2.040 menit |
| TK B
(usia 5 – 6 tahun) |
60 menit (dilaksanakan setiap hari Sabtu) | 17 minggu x
60menit = 1.020 menit |
2 semester x
1.020 menit = 2.040 menit |
6. Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran yang dilakukan antara lain:
- Asesmen capaian anak
Asesmen capaian anak dilakukan selama pembelajaran.
- Evaluasi hasil belajar anak
Evaluasi hasil belajar anak dilakukan setiap 6 bulan (semester) dan dilaporkan kepada orang tua.
- Evaluasi program pembelajaran
Evaluasi terhadap kegiatan, media yang disediakan dan strategi yang digunakan atau dilakukan oleh guru setiap minggu.
7. Pendampingan dan Pengembangan Profesional
Program pendamping profesional:
Supervisi pembelajaran dan mentoring dilakukan oleh Kepala Sekolah setiap minggu.
Program pengembangan profesional:
- In House Training pengembangan kompetensi guru dilakukan setahun sekali
- Pelatihan/workshop tematik sesuai kebutuhan guru dilakukan dua kali dalam
- Studi banding ke Sekolah di daerah lain sekali dalam
8. Penutup
Kurikulum Operasional TK Pertiwi xi ini menggambarkan perencanaan program secara menyeluruh selama satu tahun ajaran sesuai karakteristik serta visi misinya. Harapannya Kurikulum Operasional TK pertiwi xi dapat dijadikan acuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua serta pihak terkait dalam melaksanakan layanan PAUD secara holistik integratif. Kurikulum Operasional ini tidak menutup kemungkinan dapat terjadi perbaikan dalam pelaksanaannya, maka saran dan masukan tetap dibutuhkan agar TK Pertiwi xi dapat memberikan layanan yang terbaik bagi anak-anak.
